Agama merupakan suatu tuntunan hidup dan aturan dalam kehidupan manusia yang mempunyai hubungan erat sesama manusia maupun makhluk hidup yang lainnya. Agama juga berhubungan erat dengan Tuhan sesuai keyakinan sebagai aturan tuntutan maupun petunjuk dari Tuhan. Agama bagi umat memang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap manusia. Agama sangat berpengaruh terhadap perjalanan hidup maupun kehidupan yang sedang dijalani manusia.

Manusia tidak hanya menjalani kehidupan di dunia saja, melainkan juga akan menghadapi akhirat sebagai kehidupan yang lebih kekal abadi. Di dunia ini agama tidak hanya ada satu melainkan ada beberapa agama yang diyakini oleh setiap manusia. Namun yang pasti apapun jenis agama yang dipilih pastinya mempunyai tuntunan yang sama, yaitu mengajak para umatnya menuju jalan kebaikan.

Peran Penting Agama untuk Umat

agama bagi umat

Hidup tanpa agama memang tidak bisa menjalani kehidupan yang sesungguhnya. Sebab itu masing-masing orang akan mempunyai agama sebagai panutan atau tuntunan selama hidup di dunia. Ternyata agama tidak hanya dijadikan sebagai tuntunan dalam hidup. Akan tetapi juga mempunyai peran penting seperti berikut ini:

  • Menyelamatkan Hidup Manusia di Dunia

Dengan berpegang agama maka diri seseorang dapat selamat hidup didunia karena dirinya lebih yakin dengan agama yang sedang diyakininya. Para umat akan menjalankan perintah dan larangan sesuai yang dijelaskan di dalam agama. Selain bisa sukses dan selamat hidup di dunia maka umat yang beragama diharapkan juga dapat mencapai keselamatan selama di akhirat nanti.

Hidup beragama menjadi kewajiban yang harus dijalankan dan ditaati oleh setiap umat terutama dalam berinteraksi dengan kehidupan yang mempunyai kaitan erat terhadap setiap individu maupun anggota masyarakat. Selain itu agama bagi umat diharapkan bisa meyakini adanya keberadan dan kebesaran Tuhan.

  • Agama Sebagai Ajaran dan Tuntunan Hidup

Agama harus dimiliki oleh setiap orang sebagai salah satu ajaran dan tuntunan hidup. Manusia yang tidak mempunyai agama maka dirinya tidak akan mempunyai tujuan. Alasannya yaitu di dalam ajaran agama setiap umat akan dituntun supaya melakukan kebaikan kehidupannya dan melakukan ibadah. Kebaikan tersebut tidak hanya sesama manusia, akan tetapi juga dengan alam dan makhluk hidup yang lainnya.

Setiap umat akan diajarkan untuk melakukan kebaikan dengan saling tolong-menolong, saling bertoleransi untuk menerima keberadaan manusia. Baik itu dari agama, suku, ras, maupun kelompok yang berbeda. Selain mengajarkan kebaikan, agama juga mengajarkan para umatnya supaya tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan lingkungan sekitar atau orang lain. 

  • Sebagai Sumber Tatanan Hidup 

Kehadiran agama dijadikan sebagai sumber tatanan hidup sekaligus pengetahuan bagi manusia. Ada banyak sekali kejadian yang tidak dapat dijawab karena keterbatasan yang dialami oleh manusia. Pertanyaan yang sulit dijawab manusia dapat ditemukan pada agama karena agama akan memberikan jawaban pada setiap pertanyaan yang memang tidak bisa ditemukan nalar manusia.

Selain itu agama juga dapat membimbing manusia supaya menemukan hakikat hidup pada setiap manusia dan hal ini mampu memberikan banyak manfaat bagi diri seseorang pada sebuah agama .

  • Mengajarkan Umat Hal yang Baik dan Buruk

Agama bagi umat mengajarkan mengenai hal yang baik dan buruk yang ada di dunia. Pada dasarnya setiap umat menginginkan bisa memperoleh segala hal yang ada di dunia karena manusia diciptakan mempunyai nafsu. Banyak manusia yang akan melakukan segala hal supaya bisa memperoleh apa yang diinginkan.

Memang tidak salah apabila manusia menginginkan segala hal yang diimpikan. Namun bukan berarti manusia harus menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya. Sebab itulah dalam agama mengajarkan mengenai hal-hal yang baik dan hal-hal yang buruk. Agama bagi umat bisa membantu manusia untuk bisa mengatur mengenai hal apa saja yang boleh dilakukan dan hal-hal apa saja yang dilarang dalam agama.

Larangan yang terdapat di dalam agama mempunyai tujuan supaya manusia tidak merugikan orang lain maupun diri sendiri demi memperoleh apa yang diinginkannya. Dengan hal ini maka kehidupan manusia akan lebih terarah dan benar-benar mengetahui baik buruknya hal yang ada di dunia.

  • Sebagai Penyeimbang

Agama bagi umat manusia dapat dijadikan sebagai penyeimbang yaitu antara jiwa dan fisik. Kesehatan manusia memang tidak hanya dapat dilihat dari segi fisik saja. Akan tetapi juga dilihat dari segi jiwa. Untuk agama akan memberikan tuntunan pada manusia supaya bisa mendapatkan ketenangan sekaligus kematangan jiwa.

Apabila manusia memperoleh agama yang seimbang maka bisa menjalankan dan mempercayai pada setiap aturan maupun ajaran yang ada di dalam agama. Sementara ajaran agama mempunyai banyak aspek sebagai acuan dalam menentukan hukum dan dasar suatu negara.

Agama yang ada di dunia ini memang tidak hanya satu agama saja melainkan ada 5. Meskipun berbeda agama setiap umat diharapkan mempunyai toleransi yang tinggi dan saling tolong menolong. Pada dasarnya untuk semua agama mengajarkan umatnya menuju jalan kebaikan. Sehingga apapun agama yang dianut tetaplah mengedepankan toleransi. Untuk beberapa informasi lainnya bisa anda kunjungi https://www.stoprefabuse.com dengan berita dan info terbaru yang kini sedang viral di lingkungan masyarakat, dan pastinya memberikan sebuah aspek terbaik bagi ummat manusia.